Sambutan Dari

Kaprodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia

Maryanti Setyaningsih, M.Pd.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Illahi rabbi, semoga kita senantiasa diberikan nikmat sehat walafiat sehingga kita dapat beraktifitas mengabdikan diri kita untuk kemajuan umat, bangsa dan negara serta agama

Visi

Program Studi yang mengembangkan kemampuan mengidentifikasi masalah, menetapkan strategi pemecahannya, serta merancang desain pembelajaran Biologi yang diorientasikan pada terbentuknya lulusan yang islami, gigih, kreatif, inovatif, dan kolaboratif.

Misi

  • Program Studi yang mengembangkan kemampuan mengidentifikasi masalah, menetapkan strategi pemecahannya, serta merancang desain pembelajaran Biologi yang diorientasikan pada terbentuknya lulusan yang islami, gigih, kreatif, inovatif, dan kolaboratif..

  • Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan biologi yang diorientasikan pada publikasi ilmiah, memperkaya proses pembelajaran, dan diseminasi kemanfaatannya di masyarakat.

  • Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai hilirisasi penelitian pendidikan biologi, menjaring input kajian pembelajaran Biologi sekaligus sebagai wahana dakwah islamiah.

  • Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang kompeten sebagai pendidik, peneliti muda, dan enterpreuneur yang berkarakter Islami.

  • Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk berkembangnya sivitas akademika yang kritis, kreatif dan inovatif serta menghasilkan luaran berupa bahan kajian proses pembelajaran, publikasi ilmiah, dan materi pengabdian kepada masyarakat.

  • Membentuk karakter sivitas akademika pendidikan biologi yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dan sarana memperoleh input bahan kajian pembelajaran Biologi.

  • Mewujudkan program studi Pendidikan Biologi sebagai wahana pembentukan sivitas akademika yang berakhlak mulia.

PROFIL LULUSAN

  • Calon Pendidik, memiliki kompetensi pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik dengan penguasaan materi biologi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan biologi dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan bahasa Inggris, memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di bidang pendidikan, biologi maupun cabang ilmu biologi
  • Calon Peneliti Muda, menguasai kajian permasalahan Biologi dan pendidikan Biologi dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan bahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika yang baik serta memiliki potensi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian Biologi dan pendidikan Biologi
  • Calon Enterpreneur, Memiliki jiwa wirausaha dan kegigihan dalam membuka usaha baru atau mengembangkan usaha, baik dalam bidang Biologi maupun pendidikan Biologi. Mampu bekerja secara mandiri maupun bekerja sama untuk menghasilkan atau memasarkan produk atau barang dan jasa yang berhubungan dengan Biologi dan pendidikan Biologi